Categories
Umroh

Tips Untuk Melaksanakan Umroh Backpaker Dengan Aman

Indonesia merupakan negara besar yang mayoritas masyarakat memeluk agama islam dan jumlah calon jamaah Indonesia terus bertambah dari tahun ke tahun. Program haji reguler menjadi program yang sudah lama ada di Indonesia, meskipun program haji reguler mengakibatkan penumpukan calon jamaah haji dan tingkat antrian jamaah tiap tahunnya terus bertambah.

Pemerintah Indonesia terus melakukan kerjasama dengan pihak kerajaan Arab Saudi untuk memperbanyak jumlah jamaah yang berangkat tiap tahunnya. Penambahan kuota haji sampai saat ini belum banyak berpengaruh terhadap penumpukan jamaah, karena penambahan hanya beberapa persen saja. Kini banyak terlahir jenis perjalanan ibadah yang efektif untuk dilaksanakan dan salah satunya adalah ibadah umroh.

Sekilas Tentang Ibadah Umroh

Tujuan umroh adalah untuk melakukan ziarah ke tanah suci dan selalu mengagumi kebesaran dari Allah Swt. Sedangkan ibadah haji memiliki tujuan untuk mengunjunggi rumah Allah Swt dengan penuh kesabaran dan kepasrahan. Namun secara umum keduanya bertujuan mengakui sang pencipta dan selalu merendah dihadapan Allah Swt.

Ibadah umroh biasanya dilaksanakan dengan cara yang lebih santai, namun masih terikat dengan beberapa hukum pelaksanaan. Pada dasarnya ibadah umroh harus dilakukan dengan keiklasan dan penuh dengan kesabaran, karena akan banyak rintangan dalam proses pelaksanaan. Umroh adalah ibadah yang memiliki hukum sunnah muakad, karena umroh tidaklah diwajibkan namun disarankan untuk dilaksanakan.

Bagi jamaah yang ingin segera berangkat ke tanah suci, biasanya mengambil umroh untuk beribadah. Umroh adalah ibadah yang tidak terikat dengan waktu pelaksanaan dan ibadah umroh dilaksanakan dengan waktu yang lumayan singkat, jika dibandingkan dengan ibadah haji. Perbedaan waktu dalam hal pelaksanaan menjadi titik pembeda yang sangat jelas dan ibadah keduanya tidak boleh dilakukan secara bersamaan.

Pelaksanaan ibadah umroh hanya terpusat di kota Mekkah dan ibadah umroh seringkali ditambahkan dengan berbagai lokasi wisata islam yang berdekatan dengan Arab Saudi. Meskipun begitu, ibadah umroh memiliki tingkat sakral yang tinggi dan ibadah umroh bisa menghadirkan pahala yang besar, apabila ibadahnya dilakukan dengan benar.

Ibadah umroh biasanya sangat mengedepankan peran travel, hal ini membuat perkembangan travel umroh di Indonesia berkembang pesat. Pada dasarnya ibadah umroh memang bisa dilakukan dengan cara backpaker, sehingga lebih irit dalam penggunaan biaya. Ada berbagai hal yang perlu diperhatikan saat mau umroh backpaker.

Tips Untuk Melaksanakan Umroh Backpaker Dengan Aman

Urus Paspor

Paspor menjadi salah satu dokumen resmi yang harus dimiliki warga negara Indonesia yang mau bepergian ke luar negeri dan paspor biasanya berisikan berbagai identitas pribadi. Paspor biasanya berisikan foto pemilik paspornya, informasi negara, tanda tangan, tempa lahir dan berbagai informasi pribadi lainnya. Sebaiknya data paspor harus dijaga dengan baik, agar tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Ketika anda mau menjalankan umroh backpaker, maka paspor menjadi dokumen yang harus dipersiapkan. Kini pengurusan paspor juga lebih mudah, karena bisa dilakukan secara online. Pembuatan paspor tidak bisa mendadak, sehingga harus dipersiapkan jauh-jauh hari. Dengan paspor yang sudah siap, maka anda memenuhi salah satu syarat untuk umroh backpaker.

Urus Visa

Visa menjadi dokumen yang paling penting saat berkunjung ke luar negeri dan untuk mengajukan visa bukanlah perkara yang mudah. Ada beberapa dokumen yang harus dilampirkan saat pengurusan visa seperti paspor, buku nikah, kartu kuning, kartu keluarga, bukti akomodasi, pas foto dan surat mahram untuk wanita yang tidak memiliki suami. Semua dokumen pembuatan visa harus dipenuhi, agar pembuatan visa bisa berjalan sesuai jadwal.

Pengajuan visa bisa berlangsung dalam beberapa lama, sehingga pembuatannya harus direncanakan dengan baik. Dengan memiliki visa umrah, maka anda bisa berkunjung ke Arab Saudi dengan aman dan nyaman. Melakukan perjalanan umroh dengan cara backpaker memang sangat menyenangkan, karena sangat memacu keberanian dan harus berani mengambil resiko.

Penginapan

Untuk bisa memperoleh penginapan yang berada di Mekkah sangatlah mudah, karena bisa dilakukan secara online. Pilihlah penginapan yang sesuai dengan biaya perjalanan. Untuk mencari penginapan dengan harga yang murah, sebaiknya carilah yang jaraknya jauh dari Mekkah atau Madinah. Bukti pemesanan hotel akan menjadi dokumen yang diserahkan dalam pengajuan visa umroh.

Tidak hanya penginapan biasa, Arab Saudi juga menyediakan banyak apartemen murah yang bisa disewa. Bagi anda yang ingin menjalankan umroh backpaker, maka anda bisa memilih apartemen murah. Dengan pilih apartemen atau penginapan yang murah, maka anda bisa menginap dalam beberapa hari dan bisa melaksanakan ibadah umroh dengan biaya yang murah.

Tiket Pesawat

Pesawat adalah akomodasi yang biasanya dipakai untuk berangkat ke Arab Saudi dan ada berbagai jenis pesawat yang melayani perjalanan umroh. Kini ada juga pesawat yang langsung terbang dari Indonesia ke Jeddah, sehingga tidak perlu transit dulu. Tiket pesawat memang harganya bervariasi, tapi yang banyak transit biasanya memiliki biaya yang lebih murah.

Pemesanan tiket pesawat bisa dilakukan dengan berbagai cara dan salah satunya dengan memesan di aplikasi online. Ada beberapa aplikasi terpercaya yang bisa dipakai untuk memesan tiket pesawat seperti agoda, traveloka dan yang lainnya. Hasil pembayaran tiket pesawat akan dipakai untuk memenuhi dokumen saat pengajuan visa.

Pertimbangkan Faktor Cuaca

Cuaca Indonesia dengan Arab Saudi sangatlah berbeda, sehingga anda harus memperhatikan kondisi cuacanya. Jangan sampai kegiatan ibadah umroh anda terganggu dan ibadah menjadi tidak efektif. Cuaca yang berbeda juga akan membuat tubuh mudah terkena penyakit, sehingga imun tubuh akan sangat teruji saat berada di tanah suci. Anda juga harus berangkat ke Arab Saudi dengan kondisi tubuh yang sehat.

Bulan juni sampai dengan agustus merupakan musim panas di Arab Saudi dan bulan november sampai februari merupakan musim dingin. Pilihlah waktu yang tepat sesuai dengan kekuatan fisik anda dan janganlah memilih berangkat di musim dingin, apabila anda sangat takut untuk kedinginan. Dengan memperhatikan berbagai tips untuk umroh backpaker, maka perjalanan bisa dilakukan dengan lancar.

Bawa Teman

Untuk melakukan umroh backpaker, sebaiknya anda membawa teman. Jangan berangkat sendiri, karena resiko yang mengancam sangat tinggi. Dengan teman, anda bisa melakukan diskusi saat menghadapi berbagai permasalahan. Teman bisa membantu saat ada kendala perjalanan seperti salah jalan, kesehatan terganggu, adanya tindak kejahatan dan berbagai masalah lainnya.

Bawalah teman yang satu visi, sehingga tidak akan menimbulkan perdebatan di perjalanan. Dengan teman yang cocok, maka anda bisa bekerja sama dengan baik. Untuk menjalankan ibadah umroh secara backpaker, sebaiknya anda selalu berhati-hati dan selalu mementingkan keselamatan. Lakukan pelaksanaan ibadah umroh yang khusu, jangan membuat berbagai keributan yang bisa meresahkan.

Sekian bahasan singkat mengenai tips untuk melaksanakan umroh backpaker dan semoga semua bahasannya bermanfaat untuk para pembaca. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *