Ketika Anda Umroh, Ini Dia 6 Tempat yang Perlu Diketahui Jamaah di Sekitar Kabah

Secara umum melaksanakan ibadah umroh sangat berbeda dengan kegiatan wisata, karena ibadah umroh memiliki nilai yang sakral bagi umat islam dan ada berbagai keistimewaan dari tanah suci. Umat muslim dari seluruh penjuru dunia, akan melakukan ibadah umroh untuk lebih dekat dengan Allah Swt dan dalam pelaksanaan ibadah umroh tidak ada batasan sosial, karena semua manusia dari berbagai ras berkumpul untuk ibadah.

Dalam pelaksanaan ibadah umroh, tentu tidak hanya satu tempat yang akan dikunjunggi dan ada banyak tempat yang akan mendatangkan pahala saat dikunjunggi dengan hati yang ikhlas. Para jamaah umroh akan diberikan perlengkapan haji yang sama, agar tidak ada pembeda diantara umat dan ibadah umroh harus dilakukan dengan hikmat.

Keistimewaan Ibadah Umroh

Ibadah umroh menjadi ibadah yang sangat penting bagi umat islam dan tujuan utama melaksanakan ibadah umroh haruslah menjadi manusia yang lebih baik. Untuk bisa menjalankan umroh dengan baik, tentu dibutuhkan perjuangan yang keras dan harus menjaga keimanan dengan baik. Ibadah umroh harus dilaksanakan dengan tingkat kesabaran tinggi.

Apabila ibadah umroh dilaksanakan dengan hikmat, bisa menjadi pelebur dosa dan semakin khusu pengerjaan ibadah, akan semakin bahagia kehidupan. Seorang jamaah umroh yang baru pulang dari tanah suci, dianggap sebagai bayi yang baru dilahirkan dan berbagai kesalahan yang dilakukan selama hidup, akan diampuni oleh Allah Swt.

Bagi jamaah umroh yang melaksanakan ibadah dengan baik, maka Allah Swt akan memberikan surga dan ibadah umroh harus dilakukan dengan niat yang lurus, serta harus mengikuti petunjuk Rasul dalam proses pelaksanaannya. Jamaah yang melaksanakan ibadah tidak boleh berkata kasar dan tidak boleh melakukan hal yang bertentangan dengan ajaran agama islam.

Pada dasarnya wanita memiliki kondisi fisik yang lebih lemah dibanding pria dan melaksanakan ibadah umroh sangatlah berat bagi wanita, karena membutuhkan kekuatan fisik yang prima. Ibadah umroh akan menghasilkan jumlah pahala yang besar bagi wanita muslim dan wanita yang melaksanakan umroh dengan baik, maka pahalanya akan berkali-kali lipat.

Dengan menjalankan ibadah umroh, maka jamaah akan terhindar dari kemiskinan atau kefakiran. Ibadah umroh haruslah dijalankan dengan tertib dan hikmat, karena biaya yang dikeluarkan lumayan besar. Tidak semua umat islam dapat menunaikan ibadah umroh ke tanah suci dan kesempatan naik umroh sangatlah terbuka bagi masyarakat yang memiliki banyak uang.

Semua orang muslim yang melakukan ibadah umroh merupakan tamu Allah Swt. Dalam suatu hadist disebutkan bahwa siapa saja yang meminta untuk beribadah ke tanah suci pasti akan dikabulkan oleh Allah Swt, asalkan doa dipanjatkan dengan khusu dan niat yang ikhlas. Ketika ibadah umroh, maka salah satu tempat yang dikunjunggi yaitu kabah.

Tempat yang Perlu Diketahui Jamaah di Sekitar Kabah

Multazam

Multazam yaitu sebuah dinding yang lokasinya tidak jauh dari kabah, karena berada di antara pintu kabah dengan hajar aswad. Multazam menjadi salah satu tempat yang penting untuk dikunjunggi, karena dipercaya menjadi tempat berdoa yang sangat manjur. Tak heran, selalu banyak jamaah umroh yang sengaja datang untuk berdoa di multazam.

Bagi anda yang memiliki doa khusus dan doanya ingin dikabulkan Allah Swt, maka anda bisa berdoa di multazam. Jangan merasa heran saat melihat banyak manusia yang berdesakan di sekitar multazam. Bagi anda yang berangkat ibadah umroh dengan bantuan travel perjalanan, maka tempat ini akan direkomendasikan untuk dikunjungi.

Hajar Aswad

Hajar Aswad yaitu sebuah batu yang sangat diyakini seluruh umat islam sebagai batu yang diturunkan dari surga dan penemu batu ini yang pertama kali adalah nabi Ismail, kemudian yang meletakan batunya adalah nabi Ibrahim. Dalam sejarahnya, batu hajar aswad memiliki sinar yang sangat terang dan sinarnya dianggap mampu meneranggi seluruh jazirah arab.

Hajar Aswad menjadi lokasi yang cocok untuk dikunjunggi saat berada di sekitaran kabah. Jamaah umroh yang berkunjung ke hajar aswad biasanya ingin mencium batunya, sehingga hajar aswad selalu dipadati pengunjung. Ketika akan melakukan tawaf, maka harus diawali dengan hajar aswad dan ada banyak keistimewaan dari mencium batu hitam hajar aswad.

Shofa & Marwa

Umat islam tentu sudah tidak asing lagi dengan cerita sejarah nabi yang menyangkut Shofa & Marwa. Dengan cerita sejarah islam yang panjang, tak heran Shofa & Marwa selalu banyak dikunjunggi banyak jamaah haji atau umroh. Tempat ini menjadi salah satu tempat yang penting untuk dikunjunggi di sekitaran kabah, karena menjadi tempat yang sangat bersejarah dalam agama islam.

Secara umum bukit shofa dan marwa merupakan salah satu bagian dari bangunan masjidil haram. Tempat ini selalu menjadi bagian dalam pelaksanaan ibadah haji ataupun umroh yaitu untuk melaksanakan Sa’i. Praktek ibadahnya adalah berlari-lari kecil diantara kedua bukit sebanyak tujuh kali secara bolak-balik dan tempat ini juga cocok untuk memanjatkan doa.

Maqom Ibrahim

Maqom Ibrahim adalah salah satu tempat bersejarah yang berada di Arab Saudi dan dengan melaksanakan ibadah haji, tentu semua jamaah berkesempatan untuk berkunjung. Maqom Ibrahim memiliki bentuk seperti batu prasasti kotak dengan variasi 2 lubang diatasnya dan di tempat ini, jamaah biasanya memanjatkan doa yang khusu.

Keberadaan maqom ibrahim memang berhadapan langsung dengan pintu kabah. Maqom Ibrahim memang telah disimpan dengan membentuk bangunan kristal yang memiliki krangka besi dan kini bangunannya ditutupi dengan kaca yang sangat tebal. Ketika selesai mengerjakan tawaf, maka akan banyak jamaah yang melaksanakan salah sunnah disekitaran makam Ibrahim.

Hijir Ismail

Hijir Ismail adalah sautu tempat yang memiliki bentuk setengah lingkaran dan lokasinya berada di sebelah utara bangunan kabah. Hijir Ismail merupakan bangunan yang pasti dikunjunggi saat umroh atau haji, karena sangat dekat dengan kabah. Hijir Ismail menjadi bangunan yang dibangun langsung oleh nabi Ismail, sehingga menjadi tempat yang sakral bagi umat islam.

Secara umum bangunan kabah memang dibangun oleh nabi Ibrahim, namun mendapat bantuan dari nabi Ibrahim dengan mengumpulkan banyak batu. Pada dasarnya batu adalah hijir dalam bahasa arab, sehingga semua bagian kabah yang dirancang dan dibangun oleh nabi Ismail dinamakan dengan Hijir Ismail. Tempat ini diyakini sebagai salah satu tempat yang mustajab untuk berdoa.

Mata Air Zamzam

Air Zamzam adalah air berkhasiat yang bagus untuk kesehatan tubuh dan kandungan air zamzam bisa memberikan kenyamanan bagi peminumnya. Air zamzam seringkali menjadi oleh-oleh yang dinanti setelah selesai menunaikan ibadah haji dan air zamzam juga dipercaya bisa memberikan keberkahan kepada peminumnya.

Air Zamzam tidak hanya menjadi air minum yang penuh berkah, karena air zamzam bisa menjadi penyembuh berbagai penyakit. Untuk bisa membawa air zamzam ke Indonesia tidaklah mudah, karena ada aturan ketat untuk bisa membawanya. Jamaah yang menggunakan travel umroh hanya bisa memperoleh 5 liter saja per orang.

Demikian ulasan lengkap mengenai tempat yang perlu diketahui jamaah di sekitar kabah dan semoga semua pembahasannya memberikan manfaat untuk pembacanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post